sd

Apa yang anda ketahui mengenai hijab? Tentu sebagian besar orang-orang di berbagai belahan dunia memikirkan hijab adalah sebuah penutup kepala yang digunakan oleh sebagian perempuan muslim. Apa pengertian hijab secara harfiah? Hijab berasal dari bahasa Arab, yaitu “Hijab” yang artinya penghalang. Namun, di dalam ajaran agama Islam, berhijab bukan hanya sekedar menutupi kepala saja. Tetapi,wanita muslim yang mengenakan hijab, hendaknya menutupi seluruh auratnya. Sehingga segala bentuk tubuh yang dapat mengundang syahwat dapat tertutupi.

Hijab juga memiliki beberapa fungsi, diantaranya adalah melindungi wanita dari kejahatan syahwat laki-laki yang bukan muhrimnya. Umumnya, salah satu faktor penyebab kejahatan seksual yang dialami wanita adalah penggunaan pakaian yang terlalu terbuka, bahkan terkesan memamerkan keindahan lekuk tubuhnya. Oleh karena itu, dengan menggunakan hijab, setidaknya dapat melindungi wanita dan meminimalisir kemungkinan terjadi kejahatan seksual. Selain melindungi dari kejahatan, hijab juga memiliki manfaat dalam segi  kesehatan. Salah satunya dapat mencegah kita dari berbagai penyakit kulit. Penyakit kulit dapat disebabkan oleh sinar matahari yang secara langsung mengenaikulit, terutama sinar UV. Apalagi bila melihat fakta alam sekarang ini mengenai penipisan lapisan ozon. Hal demikian menyebabkan semakin besar daya sinar UV yang dapat masuk ke bumi dan merusak sebagian lapisan kulit kita. Maka, dengan menggunakan hijab, kulit serta rambut kita akan terhindar dari sinar matahari langsung, dan kemungkinan terjadi penyakit kulit pun tidak akan terjadi. Selain itu, hijad juga dapat mencegah terjadinya penuaan sejak dini lho… betapa indah islam itu bukan?

Keharusan menggunakan hijab bagi kaum wanita sudah tertera jelas dalam Al-Quran surat Al-Ahzab ayat 59:

59. Hai Nabi, Katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya[1232] ke seluruh tubuh mereka”. yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

 

Nah sahabat, sudahkah anda berniat untuk mengenakan hijab? Semoga bermanfaat J