tidur siang


Banyak orang yang meremehkan bahwa mendengkur itu adalah sesuatu hal yang biasa, bahkan mendengkur itu justru bagus karena itu menjadi ciri bahwa kita tertidur sangat pulas sekali. Namun, pada faktanya justru mendengkur merupakan sesuatu hal yang berbahaya karena dapat memacu berbagai penyakit yang cukup berbahaya dan mematikan seperti penyakit hipertensi, stroke dan juga penyakit jantung.

Dalam dunia kedokteran fenomena tidur dengan mendengkur ini disebut dengan Sleep Apnoea. Mendengkur ketika tidur itu terjadi karena akibat menyempitnya saluran pernafasan. Dalam konsisi tertentu hal ini bahkan bisa sampai menyebabkan suatu kematian.

Dr. Peter Cistulli, seorang pakar gangguan tidur dari Rumah Sakit St George Sidney Australia, mengatakan bahwa mendengkur dapat mengakibatkan suplai oksigen kepada tubuh kita menjadi terhambat karena terjadinya penyempitan pada saluran pernafasan.

Selain itu, bahkan pada tingkat tertentu mendengkur bisa mengakibatkan pernafasan berhenti sesaat atau dalam dunia medis disebut obstructive sleep apnoea. Kondisi tersebut terjadi secara berulang-ulang sekitar 10-60 detik. Dengan demikian berarti dalam semalam ketika kita tidur mendengkur mengalami perhentian pernafasan sekitar 300 Kali.

Terhambatnya pernafasan tersebut mengakibatkan suplai oksigen ke seluruh tubuh menjadi minim termasuk suplai oksigen ke otak dan juga jantung. Hal tersebut membuat organ bagian tubuh tersebut harus dipaksa bekerja keras dalam menjalankan fungsinya. Hal demikianlah yang membuat tidur dengan mendengkur dalam jangka panjang akan mengakibatkan berbagai penyakit yang sangat berbahaya seperti penyakit jantung, penyakit stroke,  dan juga penyakit darah tinggi. Dengan kondisi pernafasan seperti demikian dan juga asupan kadar oksisgen yang fluktuatif akan mengakibatkan kerusakan lapisan sel pembuluh darah.

Yang harus di waspadai ialah terutama ketika suara dengkuran semakin keras , lalu tiba-tiba berhenti kemudian disusul dengan hentakan nafas.  Kondisi demikian akan memacu organ tubuh terutama jantung bekerja sangat keras untuk berusaha memasok oksigen. Biasanya jika terjadi demikian, ketika kita bangun akan merasa linglung dan kepala sakit.

Mengatasi dengkuran memang tak mudah usahakanlah untuk melakukan konsultasi ke dokter agar anda bisa meminimalisir dengkuran.

Kategori: Kesehatan