kucek_mata

Tindakan mengucek mata pasti pernah dilakukan oleh semua manusia yang hidup di muka bumi ini. Tindakan tersebut dilakukan biasanya ketika mata terasa gatal, sehingga berawal dari situlah timbul niat untuk mengucek mata. Seringkali banyak diantara kita keasyikan melakukan tindakan mengucek mata kita tersebut dengan kasar sampai mata memerah dan terasa perih karena kita ingin gatalnya hilang. Perlu anda ketahui bahwa sebenarnya tindakan seperti demikian itu bisa melemahkan otot pada mata kita.

Tindakan-tindakan lainnya yang dapat melemahkan otot dari mata kita selain melakukan tindakan mengucek mata diantaranya melakukan yoga dengan kepala di bawah, menempelkan wajah pada kasur atau bantal dan juga melakukan aktifitas olah raga berenang.

Ketika kita menyentuh atau melakukan aktifitas mengucek mata, maka kelopak mata kita akan mengalami peningkatan tekanan. Tekanan yang di akibatkan oleh aktifitas mengucek mata dengan kasar tersebut bahkan melebihi tekanan yang diakibatkan oleh sinar lamu yang sangat silau ke mata kita. Melakukan aktifitas mengucek mata mempunyai tekanan 3-5 kali lebih besar.

Efek kombinasi dari mengucek mata dan juga sembari menutup mata ketika mengucek mata tersebut akan menimbulkan tekanan yang lebih tinggi lagi di banding dalam keadaan normal.mengucek mata dengan keras akan menimbulkan tekanan 10 kali lebih besar dari biasanya.

Professor Charles McMonnies mengungkapkan bahwa tekanan normal pada mata kita akan menimbulkan resiko efek samping yang sangat sedikit. Namun, jika mata kita sering mendapat tekanan yang kuat yang terjadi secara berulang-ulang dalam waktu yang lama. Hal tersebut bisa menimbulkan konsekuensi risiko kerusakan mata seperti terjadinya penyakit mata Glukoma,conical kornea dan juga mempunyai risiko untuk lebih cepat terken rabun jauh lebih cepat dan yang lebih parahnya lagi hal tersebut bahkan bisa menimbulkan kebutaan.

Maka dari itu sebisa mungkin kita harus menghindari atau jangan terlalu sering melakukan beberapa aktifitas yang menimbulkan tekanan mata menjadi tinggi sehingga nantinya dapat membuat mata kita rusak. Dari pembahasan di atas aktifitas yang harus kita hindari ialah mengucek mata, terlalu lama menunduk seperti dalam keadaan membaca misalnya, dan juga melakukan aktifitas tidur dengan menempelkan wajah di kasur atau bantal.

Kategori: Kesehatan