kematian1

Olahraga adalah salah satu cara untuk menjaga tubuh kita agar tetap fit dan terhindar dari berbagai penyakit. Setiap pakar kesehatan pun akan menganjurkan olahraga sebagai cara untuk menjaga tubuh kita. Banyak hal yang membuktikan bahwa olahraga teratur dapat membuat tubuh bugar dan sehat. Akan tetapi, belakangan ini sering terjadi kasus kematian mendadak saat seseorang tengah berolahraga. Mengapa hal itu bisa terjadi? Bahasan singkat di bawah ini mungkin akan membantu menjawab pertanyaan tersebut.

Ketika kita berolahraga, tubuh kita akan bekerja ekstra. Maka dari itu tubuh akan memerlukan oksigen yang banyak ketika kita berolahraga. Jadi jantung akan bekerja lebih untuk memompa oksigen ke seluruh tubuh. Hal ini lah yang biasanya menyebabkan seseorang mengalami kematian secara mendadak saat berolahraga. Para peneliti menyebutkan ada beberapa kasus kematian mendadak saat olahraga yang disebabkan oleh masalah arteri koroner, katup jantung, dan aritmia. Dengan kata lain kematian ini disebabkan oleh serangan jantung mendadak. Kita tidak bisa merasakan gejala-gejala yang timbul dari penyakit ini kecuali ketika penyakit ini menyerang secara mendadak. Biasanya ketika berolahraga kita tiba-tiba merasakan sesak nafas ringan, sakit perut secara tiba-tiba dan dada akan terasa panas serta keluar keringat dingin dari tubuh. Ada baiknya, ketika gejala itu muncul kita hentikan aktivitas olahraga dan mengatur nafas.

Setiap orang kemungkinan mengalami hal ini sangat besar karena gejala tidak timbul sebelumnya dan akan menyerang tiba-tiba. Artinya seseorang yang sehat bugar pun dapat mengalami hal itu, bahkan seorang atlit profesional pun banyak yang mengalami hal tersebut. Maka dari itu, ada baiknya kita tidak terlalu memporsir aktivitas olahraga, terlebih olahraga berat seperti lari, sepak bola, bulu tangkis dan lain-lain. Apabila dirasa badan sedang tidak fit lebih baik hindari olahraga berat. Jangan memaksakan diri karena kita bukan lah mesin (mesin saja akan ada rusaknya). Ternyata olahraga yang dipercaya sebagai cara menyehatkan tubuh juga bisa sangat berbahaya untuk tubuh apabila tidak dilakukan dengan pola yang benar. Gaya hidup sehari-hari pun perlu diperhatikan seperti asupan nutrisi, gizi dan air dalam tubuh.

Seorang teman saya mendadak meninggal ketika dia bermain futsal kemarin malam. Seorang teman yang mencintai olahraga lebih dari dia mencintai apapun harus menerima takdir Tuhan yang menggariskan bahwa hobinya lah penyebab dia meninggal. Semoga tulisan ini dapat menjadi cermin untuk kita bahwa kematian bisa datang kapan saja.. So please, BEHAVE GUYS.. 🙂

Rest In Peace Vidi, My Friend..

Kategori: Kesehatan