Faktor Penyebab Gangguan Kesehatan


sdf





Kesehatan adalah anugerah yang amat mahal yang telah Tuhan berikan kepada kita. Tiada bandingan bagi kesehatan bila harus digantikan oleh apapun itu. Dengan sehat kita akan dapat segalanya karena kalau kita sehat segala aktivitas bisa kita jalani dengan benar. Akan tetapi, terkadang kesehatan sering kita sepelekan, mungkin karena merasa tidak berharga atau terlupakan dengan banyaknya aktivitas yang dikerjakan. Padahal apabila kesehatan itu terganggu maka disaat itulah kita akan merasa betapa berharganya sehat itu.

Kesehatan dapat digolongkan menjadi 2 bagian, yaitu sehat jasmani dan sehat rohani, sehat jasmani adalah sehat secara fisik yaitu kesehatan organ tubuh kita dan dikatakan sehat rohani yaitu sehat secara batiniah atau kejiwaan seseorang. Nah disini saya tidak akan dulu membahas soal sehat rohani tapi saya akan mencoba mengulas tentang beberapa faktor yang dapat mengganggu kesehatan kita karena kalau kita sehat jasmani dulu maka rohanipun dapat kita sehatkan, adapun faktor-faktor yang dapat mengganggu kesehatan kita yaitu :

1. Makanan

Makanan adalah hal utama yang dapat mengganggu kesehatan kita apabila kita tidak memakai aturannya. Bahkan makanan di jaman modern seperti sekarang ini banyak yang mengandung zat kimia yang berbahaya bagi tubuh mungkin karena manusia ingin mengkonsumsi makanan yang serba instan.

2. Minuman

Minuman sekarang ini banyak yang mengandung soda dan itu tidak baik bila dikonsumsi secara berlebihan, minuman juga tidak sedikit yang mengandung zat kimia dan pengawet karena dapat merusak organ tubuh kita secara perlahan terutama bagian ginjal.

3. Air

Sumber daya alam yang satu ini sangat sulit untuk ditemukan terutama di kota-kota besar, karena kerusakan alam dan ulah manusia itu sendiri ketersediaan air bersih di muka bumi ini menjadi berkurang. Di kota-kota besar sekarang ini ada pengolahan air limbah menjadi air bersih memang sudah digalakan akan tetapi tidak 100% seteril atau bersih. Dan lebih berbahayanya  lagi air bersih itu mengandung kaporit yang tentunya dapat merusak organ tubuh apabila diminum.

4. Udara

Banyaknya kebakaran hutan baik disengaja ataupun tidak karena dipakai lahan industri dan kebutuhan manusia lainnya juga banyaknya gas beracun yang dihasilkan oleh asap kendaraan dan industri membuat kandungan oksigen di muka bumi ini berkurang sehingga udara menjadi panas dan tercampur gas racun sehingga dapat menyebabkan beberapa fungsi organ pernapasan kita terganggu bahkan rusak. Berapa juta jiwa manusia meniggal karena kerusakan fungsi paru-paru, penyakita asma, radang dan lain sebagainya.

5. Obat-obatan kimia

Obat-obatan kimia yang sering kita konsumsi untuk mengatasi rasa nyeri yang menyerang organ tubuh kita lama kelamaan akan mengendap di dalam tubuh dan menjadi racun.

Nah itu lah, beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan yang semoga bermanfaat bagi kita semua...Amin.

cnm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *