Pentingnya Olahraga untuk Menjaga Kehamilan

Olahraga menjadi salah satu komponen penting dalam menjaga kehamilan. Walaupun ibu hamil tidak boleh melakukan olahraga yang berat, tentunya terdapat banyak alternatif lain untuk melakukan olahraga demi menjaga kondisi kehamilan pada ibu. Tahukah ibu, jika ibu rajin melakukan olahraga tentunya akan menjaga kandungan ibu tetap kuat dan sehat. Hal tersebut terjadi karena tanpa ibu sadari, ibu sudah menggerakkan beberapa otot tubuh dengan gerakan ringan.

Tentunya hal-hal yang telah dijelaskan diatas haruslah direncanakan secara matang dan seksama, agar terhindar dari aktivitas yang berat. Berikut akan dibahas mengenai olahraga yang tepat untuk menjaga masa kehamilan pada trimester pertama, kedua dan ketiga. Adapun olahraga yang cocok pada kondisi kehamilan ibu, antara lain:

  • Olahraga yang dapat dilakukan pada trimester pertama, yaitu olahraga seperti aerobik, berenang, berjalan, latihan kegel dan teknik relaksasi. Dapat diperhatikan bahwa olahraga yang dapat dilakukan pada trimester pertama berfungsi untuk memperkuat otot-otot kaki, panggul dan tangan ibu. Selain itu, ibu akan dilatih untuk tetap merasa rileks dalam keadaan hamil.
  • Latihan untuk kehamilan trimester kedua, yaitu senam kehamilan, latihan beban, tetap konstan dengan melakukan jogging, berjalan dan berenang serta konsisten nya melakukan latihan yoga dan relaksasi. Pada trimester kedua, latihan tersebut perlu untuk dilakukan demi menjaga kondisi ibu untuk tetap berenergi.
  • Olahraga pada saat trimester ketiga, yaitu lakukanlah aktivitas sehari-hari yang tidak terlalu berat demi menghadapi masa persalinan dalam menjaga kehamilan pada trimester ketiga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *