Cara Menurunkan Darah Tinggi Paling Efektif

0
289

Cara Menurunkan Darah Tinggi Paling Efektif

Cara Menurunkan Darah Tinggi – Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan kondisi dimana saat tekanan darah pada arteri naik. Jika tekanan darah tinggi atau hipertensi terjadi, maka itu berarti juga jantung akan bekerja dalam tubuh secara lebih tinggi. Kondisi tersebut bukan tanpa efek, tekanan darah tinggi sangat beresiko terkena serangan jantung. Oleh sebab itu, cara menurunkan darah tinggi mesti diperhatikan agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Salah satu cara ampuh untuk menurunkan tekanan darah tinggi adalah dengan menggunakan cara yang alami. Cara alami memang tidak secepat dan instan seperti obat kimia pada umumnya. Namun, cara alami dipercaya tidak berdampak atau memberi efek samping untuk yang menggunakannya. Lalu apa cara alami untuk menurunkan berat badan ? Berikut ulasannya.

  1. Menurunkan berat badan
    Perlu Anda ketahui bahwa tekanan darah akan terus naik seiring dengan pertambahan pada berat badan. Dengan demikian, dapat diartikan bahwa jika Anda berhasil menurunkan berat badan secara bertahap, maka untuk menurunkan darah tinggi akan menjadi lebih efektif.
  2. Olahraga
    Olahraga merupakan cara yang sangat efektif untuk mencegah dan menurunkan darah tinggi. Olahraga pun harus dijadwal dengan baik, Anda dapat mengatur jadwal olahraga paling tidak 30 menit dalam sehari.
    Dalam hal ini, sebaiknya hindari olahraga yang “habis manis sepah dibuang”. Maksudnya, sebaiknya buang pemikiran bahwa anda hanya berolahraga saat ingin menurunkan darah tinggi saja. Namun, sebaiknya lakukan olahraga secara rutin.
  3. Mengurangi kadar stres
    Stres atau keadaan cemas yang berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah sekaligus salah satu pemicu utama terkena serangan jantung. Hal ini tentunya sangat berbahaya dan wajib dihindari oleh setiap orang. Oleh sebab itu, sebaiknya telusuri terlebih dahulu apa yang menyebabkan Anda stres berat. Kemudian cari solusi agar Anda dapat berhenti memikirkan sumber stres tersebut.
    Selain itu, untuk menenangkan pikiran ada beberapa tips yang direkomendasikan. Diantaranya adalah dengan melakukan yoga, meditasi, rekreasi, pijat refleksi, mencari hiburan, dan lain sebagainya.
  4. Mengkonsumsi makanan yang sehat
    Menghkonsumsi makanan yang sehat seperti buah-buahan dan sayuran merupakan cara ampuh untuk menurunkan tekanan darah. Tentunya buah-buahan dan sayuran tesebut yang berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Salah satu makanan yang umumnya dikonsumsi untuk menurunkan darah tinggi yaitu biji-bijian, semua jenis buah, dan susu berkadar lemah rendah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here