Cara Menurunkan Kolesterol dengan Pola Makan

Cara Menurunkan Kolesterol dengan Pola Makan

Cara Menurunkan Kolesterol – Pada dasarnya, kolesterol terbagi menjadi dua macam, yaitu kolesterol baik dan kolesterol jahat. Kolesterol baik seperti kolesterol HDL pastilah akan memberikan efek positif terhadap tubuh yakni dapat mencegah stroke dan serangan jantung. Sebaliknya, kolesterol jahat seperti kolesterol LDL sangat berbahaya untuk kesehatan manusia. Kolesterol jahat akan menyumbat arteri sekaligus┬ámeningkatkan resiko terkena stroke dan serangan jantung. Oleh sebab itu, menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada dalam tubuh merupakan hal yang mesti diperhatikan oleh setiap orang.

Pola makan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat ? Ya, bagi Anda yang memiliki kadar kolesterol tinggi, mungkin cara ini dapat dicoba. Dengan mengubah pola makan, kolesterol akan turun hingga 10% – 20%. Lantas bagaimana pola makan untuk menurunkan koleserol tersebut ? Berikut ini ulasannya.

  1. Sebaiknya hindari penggunaan minyak atau margarin yang kurang sehat. Contoh sederhananya dapat anda lihat dari warna minyak yang telah dipakai. Jika warna minyak berubah menjadi lebih hitam, maka kolesterol pada minyak lebih tinggi dan tidak layak untuk digunakan. Dalam hal ini, sangat disarankan untuk menggunakan minyak kelapa.
  2. Mengganti cemilan dengan makanan yang kadar kolesterolnya rendah. Anda dapat mengganti cemilan atau makanan yang sering dikonsumsi dengan makanan rendah kolesterol seperti buah-buahan, sayuran, tahu, tempe, kedelai, kacang merah, dan biji-bijian lainnya.
  3. Buang jauh-jauh kebiasaan mengkonsumsi makanan berlemak tinggi seperti jeroan, gorengan, makanan berkuah santan, dan lain sebagainya. Sebaiknya, ganti kebiasaan tersebut dengan mengkonsumsi lebih banyak sayuran dan buah-buahan.
  4. Menambah variasi dalam makanan. Dalam hal ini, anda dimaksudkan untuk menambah variasi makanan seperti ketumbar, seledri, dan daun mangi.
  5. Oatmeal. Makanan dipercaya sudah terbukti dapat menurunkan kolesterol jahat. Anda dapat memasukkan oatmeal pada menu sarapan pagi.
  6. Konsumsi sayuran dan buah-buahan. Kedua jenis makanan ini merupakan makanan yang sangat baik untuk kesehatan manusia. Salah satu manfaat yang dapat diambil dari sayuran dan buah-buahan adalah menurunkan kadar kolesterol. Untuk mendapatkan hasil maksimal, sebaiknya makanalah sayuran atau buah-buahan yang mengandung betakaroten tinggi dan Vitamin C. Rekoendasi untuk sayuran yaitu wortel, labu, kesemek, brokoli, dan sayuran berbetakarotin tinggi lainnya. Sedangkan rekomendasi untuk buah-buahan yaitu semua jenis berry, jambu, mangga, jeruk, dan lain sebagainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *