Cara Melangsingkan Badan Paska Melahirkan

Cara Melangsingkan Badan Paska Melahirkan

Pada umumnya, setiap wanita pastilah sangat memperhatikan kecantikan mereka, termasuk cara melangsingkan badan. Kelangsingan tubuh memang sangat diperhatikan oleh setiap wanita, terutama wanita paska melahirkan. Karena biasanya wanita paska melahirkan selalu mengalami perubahan berat badan yang cukup tinggi dibandingkan berat badannya sebelum hamil.

Selain itu, tidak jarang pula wanita paska melahirkan stres memikirkan berat badannya. Ini merupakan hal yang tidak baik mengingat efek stres yang negatif. Akan tetapi, sebuah permasalahan pasti terlahir dengan sebuah solusi. Berikut ini cara melangsingkan badan setelah melahirkan.

  1. Mengubah pola makan
    Salah satu kebiasaan buruk wanita setelah melahirkan adalah memperbanyak cemilan daripada memakan makanan dengan menu yang komplit. Lebih baik, wanita setelah melahirkan makan 3 kali dalam sehari pada umumnya. Hindari memakan cemilan, apalagi cemilan manis seperti makanan ringan, cokelat, dan lain sebagainya. Selain itu, perhatikan juga asupan makanan bergizi serta air putih.
  2. Menyusui
    200 hingga 500 kalori akan berhasil dibakar pada saat ibu sedang menyusui. Dengan kata lain, jumlah kalori yang dibakar tersebut sama dengan jumlah pembakaran kalori yang terjadi saat melakukan olahraga renang selama satu jam.
    Menyusui merupakan cara yang paling jitu untuk melangsingkan badan wanita paska melahirkan secara bertahap. Menurut beberapa penelitian, saat ibu sedang menyusui anaknya akan melepaskan sejumlah hormon tertentu dan membuat rahim mengembalikan kelangsingan badan hingga seperti semula atau sebelum hamil. Dalam hal ini, diperlukan waktu sekitar enam bulan untuk mengembalikan bentuk tubuh wanita paska melahirkan.
  3. Tidur
    Pada umumnya, setelah melahirkan biasanya seorang ibu tidak bisa tidur normal 8 jam seperti biasanya karena harus mengurus bayi yang selalu menangis ketika bangun tengah malam. Padahal, menurut studi terbaru menyatakan bahwa ibu baru melahirkan akan mengalami kesulitan dalam menurunkan berat badan jika tidurnya kurang dari 5 jam.
    Bahkan, efek samping dari kurang tidur ini dapat berdampak buruk bagi tubuh, yaitu penambahan berat badan. Pemicunya tidak lain adalah ketika kurang tidur tubuh akan otomatis melepaskan hormon-hormon stres. Selain itu, kurangnya istirahat akan menyebabkan pikiran kurang jernih dan lebih malah melakukan aktivitas.
    Tips dalam hal ini adalah memanfaatkan kondisi saat bayi sedang tertidur. Saat bayi anda tidur, sebaiknya anda juga ikut tidur guna menambah waktu istirahat anda yang sering terpotong oleh bayi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *