Disentri merupakan penyakit yang menyerang sistem pencernaan. Penyakit ini ditandai dengan pradangan pada usus besar yang berakibat sering buang air besar dan tidak jarang disertai dengan lender dan darah. Penyebab penyakit disentri ini adalah bakteri shigella (disentri basiler) dan parasit emtamoebahistolitiyca (disentri amuba). Biasa penyakit ini menyerang balita, tetapi tak hayal dewasapun terkena penyakit ini. Penyakit ini tergolong menular. Bakteri ini menyebar melalui lingkungan yang kotor, makanan, serta air yang terkontaminasi bakteri penyebab penyakit disentri. Pada umumya penyakit ini memiliki gejala demam, mual, muntah-muntah, perut terasa kembung, tidak napsu makan serta sering buang air besar disertai darah. Bila tidak cepat diatasi penyakit ini akan sangat membahayakan bagi tubuh kita.

Bila anda terindikasi penyakit disentri maka segeralah untuk mengatasinya dengan cara sebagai berikut:

  1. Konsumsi air putih sebanyak-banyaknya agar anda tidak terjadi dehidrasi karena penyakit disentri akan banyak mengeluarkan cairan melalui buang air besar atau muntah.
  2. Konsumsi makanan yang lembut seperti bubur dan usahakan jangan mengkonsumsi makan pedas serta makanan yang berbumbu dan berpenyedap.
  3. Konsumsi obat antibiotic untuk membunuh dan mencegah penyebaran bakteri penyebab disentri.
  4. Bila penyakit ini tidak kunjung sembuh segera hubungi dokter dan konsultasikan bagaimana cara untuk mengatasinya.

Untuk mencegah penyebaran penyakit disentri bisa dimulai dengan hidup sehat seperti membiasakan mencuci tangan dengan sabun lifebuoy. Dengan mengetahui penyebab penyakit disentri maka pencegahan dari penyakit ini dapat dilakukan mulai sekarang.

Kategori: Kesehatan