Penyebab, Gejala dan Pengobatan Pnyakit Diare

0
301

Diare merupakan gejala yang diakibatkan oleh terinfeksinya saluran pencernaan yang diakibatkan karena mengkonsumsi makanan yang sudah terkontaminasi. Seseorang bisa dikatakan mengalami gejala penyakit diare ketika mengalami mencret dan buang air besar secara terus menerus. Ada dua kategori jenis dari penyakit diare ini yaitu diare akut dan kronis.

Kedua jenis ini mempunyai perbedaannya masing-masing, kalau diare  akut biasanya berlangsung selama  satu sampai dua hari dan tidak begitu serius tapi bisa dikaitkan dengan masalah yang lainnya. Diare akut ini bisa menyerang orang dari semua usia bahkan ada dari beberapa penyakit ini yang menular. Efek jangka panjang akan dialami oleh penderita dari diare akut ini dan biasanya rata-rata orang akan mengalami diare akut ini sekitar 3 sampai 5 kali setahun, bisa dikatakan diare jenis ini langka terjadi.

Yang menjadi penyebab utama  dari timbulnya penyakit ini yaitu makanan dan air yang terkontaminasi bakteri, oleh karena itu menjaga kebersihan lingkungan dan tubuh bukan tidak ada tujuannya tapi sangatlah peting karena bisa menghindarkan penyakit seperti diare ini. Selain makan dan minuman yang terkontaminasi, gula alami yang terdapat dalam buah, produk susu, pemanis buatan atau fruktosa juga bisa menjadi penyebab timbulnya penyakit tersebut. Bahkan antibiotik yang merupakan obat yang sering kita kosumsi setiap hari bisa juga menjadi penyebab, karena bisa mengganggu keseimbangan alami dari bakteri usus.

Penyebab dari diare ini secara ringkasnya meliputi diabetes, penyakit usus, gangguan pencernaan, infeksi oleh bakteri, alergi terhadap makanan tertentu, menderita penyakit kanker, terapi radiasi, efek samping obat-obatan, mengkonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan, dan mengkonsumsi makanan yang terkontaminasi. Itulah beberapa penyebab yang bisa menimbulkan diare. Adapun gejala penyakit diare yang akan dialami seperti perut terasa mual dan kembung, kepala menjadi pusing, timbul demam, tubuh menjadi lemas, kekurangan bahkan kehabisan cairan, perut tiba-tiba terasa keram dan buang air besar secara terus menerus.

Cara untuk mengobati penyakit ini adalah dengan mengganti cairan tubuh, dan oralit juga bisa menjadi obat yang cukup manjur meskipun tidak semua penyakit ini bisa disembuhkan dengan obat ini. Langkah yang lebih tepat dilakukan yaitu dengan berkonsultasi kepada dokter agar bisa ditangani dengan langkah yang tepat. Karena jika diare sudah parah maka bisa berakibat cukup buruk pada tubuh. Jagalah kebersihan dari segi hal apapun dan juga ubah pola hidup menjadi lebih sehat.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here