Bagi para penderita diabetes, menjaga makanan merupakan hal utama yang harus dilakukan agar kadar gula dalam darah tetap stabil. Penderita diabetes harus benar-benar mengetahui jenis makanan yang bisa menyebabkan naiknya gula darah, dan makanan yang bisa menurunkan gula darah. Salah satu makanan enak yang dapat dikonsumsi penderita diabetes adalah soyjoy, karena makanan ini membuat kadar gula darah terjaga, dan nafsu makan tetap terkendali. Selain makanan, olah raga yang rutin, beristirahat yang cukup dan menjauhi hal-hal yang memicu stres juga harus dilakukan untuk mengontrol gula darah. Berikut ini beberapa makanan untuk gula darah agar tetap stabil:

Pertama, pare. Buah pare pada umumnya digunakan sebagai makanan dan obat-obatan dalam budaya asia. Makanan pare ini dapat membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Untuk mengurangi rasa pahitnya, anda dapat menghidangkan pare ini dengan menambahkan rempah-rempah atau sayuran lainnya.

Kedua, bawang putih. Sejak dulu bawang putih memang sudah terkenal memiliki banyak khasiat untuk pengobatan berbagai penyakit. Hal ini dikarenakan kandungan bahan-bahan aktif seperti alil disulfida (APDS) dan diallyldisul-phide oksida (allicin). Jika dikombinasikan dengan flavonoid akan berfungsi menurunkan kadar glukosa. Allicin dalam bawang putih dapat digabungkan dengan vitamin B1 (tiamin) untuk merangsang pankreas melepaskan insulin.

Ketiga, bayam. Kandungan magnesium yang tinggi dalam bayam dapat membantu mengendalikan kadar gula darah dengan mengatur pengeluaran insulin dan penggunaan kadar gula dalam tubuh. Orang yang menderita diabetes tipe 2 memiliki tingkat serum magnesium yang rendah, dalam bayam terkandung nutrisi penting seperti beta-karoten, lutein, asam folat, vitamin K, magnesium, mangan, kalsium, dan kalium yang baik untuk memberikan asupan yang dibutuhkan.

Itulah 3 makanan untuk gula darah agar tetap stabil, semoga bermanfaat.