Mengenal Riwayat Kehamilan Penyebab Bayi Lahir Prematur

0
3
riwayat kehamilan bayi prematur

Bayi yang lahir prematur atau sebelum pada waktunya tentu tidak diinginkan oleh ibu yang sedang hamil. Bayi yang lahir prematur akan memilki berat badan yang tidak normal dan bisa saja rentan terhadap penyakit dimasa pertumbuhannya. Banyak faktor yang menjadi penyebab bayi lahir prematur, salah satunya adalah riwayat kehamilan.

Ibu yang pernah mengalami kelahiran prematur lebih rentan untuk melahirkan secara prematur kembali. Tak hanya itu, ibu yang memiliki riwayat aborsi dan pernah mengalami keguguran sebelumnya, juga menjadi salah satu penyebab bagaimana bayi lahir prematur. Karena saat mengalami keguguran, organ rahim telah terluka.

Riwayat kehamilan lainnya yang beresiko melahirkan bayi prematur adalah kehamilan ektopik. Kehamilan ektopik atau biasa dikenal dengan istilah kehamilan diluar kandungan. Kehamilan ini bisa terjadi karena sel telur yang sudah dibuahi sperma tidak berkembang didalam lahir tetapi tetap berada di saluran telur atau tuba falopi. Jika sel telur tersebut tetap berada pada saluran telur, maka akan membuat saluran tersebut pecah seiring perkembangan sel telur menjadi janin. Kehamilan ektopik disebabkan karena adanya infeksi atau inflamasi yang terjadi di saluran telur, penggunaan alat kontrasepsi, ketidaknormalan bawaan lahir yang terjadi di tuba falopi, penggunaan obat – obat penyubur dan banyak penyebab lainnya.

Selain itu ada juga riwayat kemilan lain yang beresiko melahirkan bayi sebelum pada waktunya adalah hamil anggur. Hamil anggur merupakan kehamilan dengan janin yang tidak berkembang dan menyerupai bauh anggur kecil sehingga disebut degan hamil anggur. Hamil anggur ini terjadi karena sel telur yang tidak membawa kromosom atau sel telur kosong berhasil dibuahi sel sperma dan menempel di dinding rahim dan tidak mati. Pada kehamilan normal embrio akan berkembang, namun pada hamil anggur embrio tidak berkembang. Hamil anggur dapat disebabkan karena faktor genetik, umur, kekurangan asam loat dan banyak penyebab lainnya.

Untuk itu ibu harus tetap mengatur pola gaya hidup sehat dan mengonsumsi makanan yang bergizi supaya bayi ibu tidak mengalami lahir prematur dan tetap sehat. Tetapi ibu hamil juga harus tetap memenuhi asupan nutrisi bayi dengan mengonsumsi LCT Lactamil. Susu LCT Lactamil akan menjaga bayi dan ibu tetap sehat dengan memenuhi asupan nutrisi dan vitamin ibu. Selain itu susu ini juga tersedia dengan banyak varian rasa dan harganya juga terjangkau.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here