4 Cara Menurunkan Gula Darah Tanpa Harus Memakai Obat

0
1
mengontrol gula darah

Sebagai negara yang termasuk memiliki penderita diabetes alias penyakit gula darah yang tinggi di dunia, Anda harus selalu waspada begitu merasakan gejala-gejala penyakit ini. Dari sering merasa haus, buang air kecil sering, penglihatan kabur, sampai luka yang sulit sembuh, waspadailah ini karena bisa jadi gula darah Anda meningkat drastis. Jika ini terjadi, lakukan untuk menurunkan gula darah berikut.

Tips menurunkan gula darah di bawah ini bukanlah tips yang akan membuat gula darah Anda turun secara ajaib seperti disulap. Jika Anda memiliki masalah dengan gula darah, maka bisa dibilang Anda harus belajar hidup dengan kondisi ini seumur hidup Anda. Hal yang bisa Anda lakukan adalah mengontrol agar gula darah alias glukosa tak naik tiba-tiba dan tetap berada dalam batasan yang normal.

Jadi apa yang bisa dilakukan untuk menurunkan kadar gula darah yang berlebih ini? Berikut yang bisa Anda jalankan:

  1. Berhenti konsumsi karbohidrat sederhana
    Karbohidrat jenis ini ada di dalam nasi putih maupun tepung putih, dan mengandung banyak gula. Sebagai gantinya, Anda bisa mengkonsumsi nasi merah, roti gandum, atau oatmeal.
  2. Makan teratur
    Melewati jam makan yang normal justru akan membuat gula darah Anda tambah tinggi karena Anda merasa lapar. Tubuh pun melepaskan glukosa lebih banyak, yang membuat kadarnya melonjak tinggi. Jika Anda malas makan, mengemil buah bisa jadi solusi.
  3. Tidur cukup
    Tidur selama 8 jam secara teratur tiap hari akan membuat kadar gula darah kembali normal.
  4. Olahraga setiap hari
    Anda juga perlu melakukan olahraga setiap hari selama minimal 30 menit, seperti jalan kaki, jogging, maupun bersepeda dan senam aerobik. Tubuh akan membakar gula lebih cepat dan menstabilkan glukosa.

Rutinlah memeriksakan diri ke dokter setiap 6 bulan sekali untuk memonitor kondisi Anda. Ditambah dengan strategi menurunkan gula darah di atas, Anda akan bisa menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan berfungsi normal. Pastikan pula Anda mengganti makanan Anda, seperti gula dan minyak goreng, dengan pemanis rendah kalori dari Tropicana, atau minyak kanola untuk menggoreng, juga dari Tropicana. Dengan demikian, diet Anda akan semakin sehat.

sumber

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here