Ketika Anda Mengalami Gejala Diabetes, Waspadai Juga Gejala Sakit Jantung Diabet Ini!

0
20
diabetes penyakit dan gejala

Sering buang air kecil akhir-akhir ini, terutama di tengah malam? Mungkin juga Anda merasa sering haus, lemah lesu yang terus-menerus, atau bahkan sering merasa kesemutan di bagian kaki dan tangan? Waspadalah, karena ini bisa jadi merupakan gejala diabetes yang sering terlewatkan oleh banyak orang. Apalagi penderita diabetes biasanya juga mengalami komplikasi penyakit lainnya, seperti penyakit jantung.

Terkena penyakit jantung adalah salah satu resiko dari para penderita diabetes. Ini karena tingginya kadar gula darah di dalam tubuh, sehingga membuat fungsi-fungsi tubuh menjadi abnormal. Namun barangkali yang membuat diabetes sangat berbahaya adalah karena penyakit gula ini membuat saraf yang seharusnya bereaksi terhadap sakit di bagian dada menjadi tak terasa. Ini bisa berakibat fatal karena akibatnya, sakit jantung jadi tak terdeteksi.

Hal yang menjadi masalah adalah kalau Anda tak mengetahui apakah Anda kena diabetes atau tidak karena tak kenal dengan gejala penyakit diabetes. Sebabnya tentu saja karena komplikasi penyakit yang berbahaya seperti penyakit jantung jadi tak terasa kalau Anda kena diabetes. Makanya, rajinlah melakukan tes untuk mengetahui kebenarannya. Begitu tahu Anda kena diabetes, maka Anda pun bisa jadi lebih waspada dengan tanda-tanda penyakit jantung yang mungkin dialami.

Apa saja tanda-tanda dari penyakit jantung yang dirasakan dan terlihat ketika seseorang mengalami diabetes? Ini yang perlu diperhatikan:

1. Jantung koroner

  • Tanda paling umum adalah angina atau rasa sakit/tak nyaman di dada karena kekurangan oksigen di darah.
  • Dada terasa seperti ditekan, sampai terasa di bahu, tangan, leher, dan rahang. Rasanya mirip kembung, dan semakin parah ketika Anda beraktivitas.
  • Anda juga merasa mual, lelah, napas jadi pendek, kepala pusing, dan lemas.
  • Sering orang tak merasakan gejala ini sampai kena serangan jantung. Simptomnya adalah sakit di dada, terutama di bagian kiri. Bisa sampai beberapa menit dan ini berulang kali.
  • Anda akan merasa tak nyaman di bagian atas tubuh (punggung, leher, rahang), kemudian mual, pusing tiba-tiba, dan keringat dingin.

2. Gagal jantung

  • Simptom paling umum adalah napas yang pendek, sulit bernapas, dan kelelahan yang sangat.
  • Bagian pergelangan kaki, perut, dan nadi di leher juga membengkak.

3. Diabetic Cardiomyopathy

  • Dalam tahap awal, penyakit jantung ini tak menunjukkan gejalanya. Tapi nantinya Anda akan sering mengalami napas pendek, batuk-batuk parah, kelelahan, dan bagian kaki membengkak.

Itulah gejala penyakit jantung yang merupakan komplikasi diabetes. Anda beresiko lebih besar kena penyakit ini ketika diabetes, jadi kenali dulu gejala diabetes yang mungkin terjadi sebelumnya. Begitu gula darah Anda normal kembali, Anda akan bisa mendeteksi penyakit lain secara normal. Normalkan gula darah dengan mengkonsumsi gula jagung dari Tropicana yang rendah kalori dan tak memberikan efek negatif seperti gula biasa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here