Sebagai salah satu organ penting tubuh maka menjaga kesehatan mata menjadi hal penting yang perlu dilakukan setiap hari. Dengan begitu kondisi mata yang sehat bisa didapatkan dan tetap bisa terus menikmati keindahan alam ciptaan Tuhan. Menjaga kesehatan mata ini bisa menjadikan mata sehat dan terhindar dari berbagai masalah pada mata seperti miopi, rabuh jauh atau dekat, serta yang lainnya.

Dalam menjaga kesehatan mata sendiri bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti cara mudah yang dapat dilakukan setiap harinya. Untuk cara-cara yang dapat dilakukan juga mudah dan bisa dilakukan setiap hari seperti dengan cara-cara berikut.

  1. Jaga jarak membaca buku. Cara pertama dalam menjaga kesehatan mata yaitu saat anda membaca buku, untuk hal ini jaga jaraknya tetap ideal yaitu sekitar 30 cm antara buku dan mata. Selain menjaga jaraknya perhatikan pula posisi membaca, usahakan untuk membaca ini tidak sambil tiduran karena bisa membuat kondisi mata menjadi terganggu.
  2. Istirahatkan mata. Setelah seharian bekerja terutama bekerja di depan komputer usahakan mata anda mendapatkan waktunya untuk istirahat. Dengan istirahat yang dilakukan bisa menjadikan mata lelah menjadi segar kembali.
  3. Segarkan mata. Dalam mengistirahatkan mata anda bisa membuatnya segar kembali seperti dengan melihat pemandangan alam yang hijau, memejamkan mata beberapa saat, dan yang lainnya.
  4. Dapatkan pencahayaan yang cukup untuk mata. Pencahaan yang cukup yaitu dalam hal penerangan misalnya untuk belaar. Dengan cahaya yang cukup dapat membuat kinerja pada mata menjadi lebih sehat.
  5. Konsumsi makanan sehat untuk mata. Berbagai makanan sehat dan memiliki vitamin serta sumber mineral lain yang baik untak mata juga penting diperhatikan. Konsumsi makanan seperti dengan kandungan vitamin A, C dan yang lainnya.
  6. Kedipkan mata saat terlalu lelah. Lakukan pengedipan mata dengan intensitas yang agak ditambah sangat baik untuk mengurangi rasa lelah pada mata terutama saat lama melihat layar komputer. Selain itu usahakan juga untuk tidak mudah mengucek mata, karena saat tangan mengucek mata dan terdapat kotoran di tangan bisa menjadikan infeksi pada organ mata.

Kategori: Kesehatan