Jenis Nutrisi Otak Untuk Meningkatkan Kecerdasan Anak

0
146
nutrisi otak

Tidak ada orangtua di belahan bumi manapun yang tidak menginginkan anak yang cerdas dan pinta. Pasti semuanya menginginkan seorang anak yang memiliki kecerdasan dan kepintaran yang melebihi kecerdasan teman – teman sebayanya. Salah satu cara agar anak anda memiliki kecerdasan yang luar biasa, anda bisa memberikan nutrisi yang bisa membantu meningkatkan kecerdasan anak anda.

Kecerdasan seorang anak berasal dari kondisi organ otak yang normal dan sehat. Maka jenis nutrisi yang dimaksud disini adalah jenis nutrisi otak untuk meningkatkan kecerdasan anak. Tahukah anda tentang jenis nutrisi otak yang mampu meningkatkan kecerdasan anak ? Jika anda belum mengetahuinya, alangkah baiknya anda perhatikan tulisan ini.

nutrisi otak

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas secara sederhana tentang nutrisi otak yang sangat berpengaruh terhadap kecerdasan seorang anak. Kecerdasan anak yang luar biasa, salah satunya bisa terbentuk dari asupan nutrisi otak kepada sang anak. Adapun nutrisi otak untuk meningkatkan kecerdasan anak tersebut adalah sebagai berikut :

  1. AA (Arachidonic acid) dan DHA (Docosahexanoid acid). Zat gizi ini termasuk golongan asam lemak esensial, di mana asam lemak tidak bisa dibentuk oleh tubuh. AA dan DHA sangat bermanfaat untuk pertumbuhan sistem saraf pusat dan fungsi visual/penglihatan.
  2. Asam Lemak Omega 3, 6 dan 9. Asam-asam lemak omega-3 juga baik bagi sistim saraf pusat dan otak. Penelitian di Inggris telah membuktikan bahwa anak-anak yang diberi asam-asam lemak esensial memperlihatkan nilai lebih tinggi pada ujian membaca sekaligus perbaikan pada keseluruhan perilaku mereka
  3. Asam Amino. Zat ini membentuk struktur otak dan zat penghantar pada sambungan sel syaraf.
  4. Tyrosine. Tyrosine merupakan asam amino penting, karena sebagai bahan baku pembuat neurotransmitter katekolamin dan serotonin yang memengaruhi pengendalian diri, pemusatan perhatian, emosi dan perilaku anak.
  5. Vitamin B. Vitamin B dapat membantu perkembangan otak dan mengaktifkan fungsi otak yang pada akhirnya bisa meningkatkan memori.
  6. Asparagin. Asparagin di perlukan oleh sistem saraf untuk menjaga kesetimbangan dan di perlukan pula dalam transformasi asam amino.
  7. Zat Besi. Zat besi adalah unsur penting dalam produksi dan pemeliharaan mielin serta mempengaruhi aktivitas saraf. Zat besi membantu kerja enzim yang penting untuk perangsangan saraf.
  8. Yodium. Yodium juga termasuk ke dalam golongan nutrisi otak yang bisa membantu meningkatkan kecerdasan seorang anak. Kekurangan yodium menyebabkan rendahnya kecerdasan.
  9. Seng. Seng dibutuhkan untuk pembelahan dan kemampuan membran sel-sel otak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here