Rambut berminyak membuat tampilan sehari-hari Anda menjadi tidak optimal. Rambut menjadi mudah kotor dan terlihat lepek sehingga penampilan terlihat kumal. Cara mengatasi rambut berminyak sebenarnya tidak sulit, namun membutuhkan komitmen selama perawatan. Salah satunya adalah dengan menggunakan shampo untuk rambut berminyak. Orang dengan rambut berminyak sering mengeluhkan sulitnya mengatur rambut dan menjaga penampilan tetap segar seharian. Sama dengan perawatan rambut kering, masalah rambut berminyak juga memiliki perawatan khusus untuk mengakhirinya.

shampo untuk rambut berminyak

shampo untuk rambut berminyak

Apakah Anda tahu mengapa rambut Anda berminyak? Sebagian orang memiliki kelenjar sebasea di kulit kepala bekerja lebih aktif dan sebum dihasilkan dalam jumlah banyak sehingga rambut berminyak. Penyebab rambut berminyak tak lain karena tingginya produksi sebum oleh kelenjar sebasea (kelenjar penghasil minyak) di kulit kepala. Sebum atau minyak tersebut kemudian akan mengalir ke rambutmu. Sebenarnya sebum ini merupakan minyak alami yang memang dihasilkan oleh kulit kepala semua orang. Fungsinya untuk melembapkan kulit dan rambut. Tetapi, pada sebagian orang kelenjar bekerja lebih aktif dan sebum dihasilkan dalam jumlah banyak.

Akibatnya, rambut dan kulit kepala menjadi berminyak dan mudah berjerawat. Masalah rambut berminyak banyak dialami oleh remaja dan ibu hamil. Beberapa orang juga merasa rambut lebih berminyak saat sedang menstruasi. Tingginya produksi minyak pada kepala beberapa orang mungkin dipengaruhi oleh faktor genetik, ketidakseimbangan hormon, kelembapan, makanan atau minuman yang dikonsumsi, atau karakteristik rambut yang rentan berminyak. Misalnya, rambut yang lurus dan tipis lebih berisiko memiliki rambut berminyak. Sebab, sebum akan dengan mudah mengalir dan pada rambut dengan karakteristik ini dibandingkan rambut keriting atau bergelombang.

Hal lainnya yang mungkin menyebabkan rambut berminyak, yaitu adanya kondisi medis tertentu, seperti dermatitis seboroik. Dermatitis seboroik merupakan gangguan kulit dengan gejala munculnya ruam gatal berwarna merah dan bersisik disertai penampakan berminyak di kulit kepala. Maka dari itu kami sarankan memakai shampo untuk rambut berminyak, yakni Clear. Sampo ini akan membantu Anda di dalam mengatasi rambut yang berminyak.

Kategori: Kesehatan