Pada umumnya setiap bayi memiliki beberapa fase dalam tumbuh kembangnya. Maka bunda sebagai orang tua harus menstimulasi bayi agar tumbuh dan berkembang secara optimal. Untuk memperoleh informasi mengenai tumbuh kembang anak, bunda bisa mengikuti websitenya Bidan Sela.

Saat bayi berumur 3 bulan merupakan saat yang tepat untuk memulai memberikan berbagai stimulasi. Kenapa? Sejak bayi berusia dua bulan, penglihatan dan pendengarannya sudah mulai berkembang. Sehingga bunda bisa menstimulasinya dengan beberapa aktivitas di bawah ini:

1. Kenalkan warna dan tekstur benda

Apakah bunda tahu, bahwa sebelum bayi berusia 2 bulan sudah bisa melihat warna hitam dan putih? Dalam hal ini bunda bisa melatihnya dengan menunjukan berbagai variasi benda. Sederhananya bunda bisa menunjukan mainan-mainannya, seperti bola lembut, boneka, atau mainan plastik.

Hal ini bisa merangsang si kecil untuk mengenal warna. Tidak hanya itu bunda juga harus membiarkan si kecil menyentuh mainannya agar dia dapat mengenali dan membedakan tekstur benda secara alami.

2. Ajak bicara dengan jarak agak jauh

Mungkin sejak lahir bahkan masih dalam kandungan juga bunda sudah sering mengajaknya berbincang dan membisikan kata-kata di dekat telinga bayi. Namun ketika bayi menginjak usia 2 bulan latihlah untuk mengajak bicara dengan jarak yang agak jauh.

Hal ini bertujuan agar bayi dapat mengenali suara dari jarak jauh. Hal ini dapat membuat pendengaran bayi menjadi lebih sensitif. Selain itu bunda juga bisa cepat mengenali jika ada gangguan pendengaran pada bayi anda.

3. Biasakan bertemu orang banyak

Stimulasi ini bertujuan agar tidak membuatnya selalu bergantung dengan bunda. Di Usia bayi 2-3 bulan, bayi akan lebih suka tersenyum. Saat inilah waktu yang tepat untuk mengenalkannya kepada orang lain terutama keluarga besar atau tetangga di sekitaran rumah. Dengan seringnya membiasakan bayi bertemu banyak orang membuat mereka terbiasa dengan lingkungan sosial dan tidak akan membuatnya sering rewel.

Itulah beberapa  aktivitas yang dapat mendukung stimulasi bayi berumur 3 bulan. Dengan melakukan tips diatas perkembangan bayi 3 bulan akan berjalan secara optimal.

Kategori: Kesehatan