Rambut merupakan mahkota yang tidak boleh dibiarkan begitu saja apabila mengalami kerusakan. Rambut mesti kamu perhatikan dan rawat agar selalu tampak sehat. Tujuannya tentu untuk merawat rambut agar terhindar dari kerusakan dan kerontokan. Nah, cara mencegah rambut rontok sebenarnya ada beberapa cara atau alternatif yang dapat Anda lakukan, bisa dengan bahan alami atau produk kesehatan rambut.

Tips Merawat Rambut Rontok

Cara Mencegah Rambut Rontok

Rambut rontok merupakan hal yang lumrah terjadi pada semua orang. Namun, jika rambut Anda rontok lebih dari 100 helai per hari perlu Anda waspadai. Karena rambut rontok yang terlalu berlebihan bisa jadi penyebab dari penyakit-penyakit ganas. Pada umumnya, rambut rontok disebabkan karena salah dalam menggunakan produk, polusi udara, dan kulit kering. Nah, untuk mencegah rambut Anda tidak rontok dalam jumlah yang berlebihan, mari simak tips merawat rambut rontok di bawah ini.

  • Sarapan

Banyak orang yang acuh dengan sarapan, padahal memiliki banyak sekali manfaat. Ketika sarapan sebaiknya mengonsumsi makanan yang ringan saja, asalkan kebutuhan gizinya terpenuhi. Gizi yang dibutuhkan di antaranya protein, mineral, dan zink yang tinggi. Nah, kekurangan protein dalam tubuh Anda dapat menjadi penyebab terhambatnya pertumbuhan kreatin yang ada dalam rambut.

  • Minyak Zaitun

Minyak zaitun memiliki banyak sekali fungsi untuk kesehatan rambut dan kulit kepala Anda. Di antaranya dapat membantu Anda dalam membasmi kutu rambut, mengatasi rambut rontok, dan melembapkan kulit kepala. 

  • Masker Buah

Para wanita pasti sudah tidak aneh lagi dengan masker buah yang biasa diaplikasikan pada wajah. Masker buah juga berlaku untuk membantu kerontokan pada rambut. Buah yang dapat Anda gunakan mulai dari alpukat, pisang, semangka, dan melon.

  • Memijat Kepala dengan Campuran Seledri dan Teh Hijau

Sebelum mulai memijat, kompres kepala Anda dengan handuk hangat terlebih dahulu. Selanjutnya teteskan campuran air seledri dan teh hijau para rambut secara merata sambil memijit-mijit kecil.

Demikianlah cara mencegah rambut rontok yang dapat Anda aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari menggunakan bahan alami. Semoga informasi ini bermanfaat!

Kategori: Kesehatan