Pada awal siklus seorang gadis, indung telurnya mulai menyiapkan satu sel telur. Pada saat yang sama, lapisan rahim menjadi tebal untuk menyiapkan tempat bersarang bagi sel telur yang telah dibuahi jika sang gadis hamil. Tubuh seorang gadis mungkin tidak mengikuti jadwal yang tepat. Itu umum, terutama dalam 2 tahun pertama setelah seorang gadis mulai mendapatkan menstruasi, untuk melewati periode atau bahkan memiliki periode haid tidak teratur.

Penyakit, perubahan berat badan yang cepat, atau stres juga dapat membuat hal-hal lebih tak terduga. Itu karena bagian otak yang mengatur periode dipengaruhi oleh peristiwa seperti ini. Melakukan perjalanan atau memiliki perubahan besar dalam jadwal juga dapat membuat menstruasi Anda datang pada waktu yang berbeda dari yang diharapkan. Semua ini normal.

haid tidak teratur

Hal yang juga normal ketika jumlah hari seorang gadis memiliki periode menstruasi yang bervariasi. Terkadang seorang gadis mengalami pendarahan selama 2 hari, kadang-kadang bisa berlangsung seminggu. Itu karena tingkat hormon yang dibuat oleh tubuh dapat berbeda dari satu siklus ke siklus berikutnya, dan ini memengaruhi jumlah dan lama pendarahan.

Apa Penyebab Periode Tidak Teratur?

Sebagian besar waktu, haid tidak teratur adalah bagian dari perubahan normal yang dapat terjadi ketika Anda remaja. Seiring bertambahnya usia, siklus Anda mungkin akan mengendap menjadi pola yang bisa dikenali. Kadang-kadang, menstruasi yang tidak teratur dapat disebabkan oleh penggunaan beberapa obat, berolahraga terlalu banyak, memiliki berat badan yang sangat rendah atau tinggi, atau tidak makan cukup kalori.

Ketidakseimbangan hormon juga dapat menyebabkan menstruasi yang tidak teratur. Misalnya, kadar hormon tiroid yang terlalu rendah atau terlalu tinggi dapat menyebabkan masalah dengan menstruasi. Beberapa gadis memiliki androgen ekstra, yaitu hormon yang dapat menyebabkan pertumbuhan rambut di wajah, dagu, dada, dan perut. Androgen ekstra juga bisa membuat anak perempuan bertambah berat badan dan mengalami menstruasi tidak teratur.

Dan saat ini telah hadir alat bernama Femometer, adalah sebuah alat yang dibantu dengan aplikasi Femometer yang dapat diunduh di Google Play Store. Alat ini dapat membantu Anda mengetahui siklus ataupun jadwal kapan Anda menstruasi. Jadi dengan melihat hasilnya, Anda dapat melihat apakah Anda sedang menghadapi haid tidak teratur secara pasti.

Kategori: Kesehatan