Selain makanan, minuman juga menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan oleh ibu hamil. Sebagian besar wanita mengkonsumsi susu khusus ibu hamil prenagen ketika masa kehamilan. Susu khusus ibu hamil memang sudah diformulasikan sesuai dengan kebutuhan nutrisi ibu dan janin.

Selain susu khusus ibu hamil, air putih juga menjadi salah satu minuman yang baik untuk ibu hamil. Air putih membantu penyerapan nutrisi dalam tubuh dan juga mencegah dehidrasi. Meskipun ibu hamil tetap bisa mengkonsumsi apa saja, namun beberapa minuman ini termasuk sebagai minuman yang paling baik dikonsumsi ketika masa kehamilan.

Prenagen

Air kelapa

Air kelapa adalah salah satu minuman alami yang mengandung elektrolit yang baik untuk ibu hamil. Kandungan elektrolit dalam air kelapa bermanfaat untuk mencegah dehidrasi dan juga meningkatkan proses pencernaan. Meskipun sekarang banyak minuman elektrolit yang dijual dalam kemasan, namun air kelapa lebih baik karena kandungan elektrolitnya alami dan tidak mengandung pengawet. Konsumsi air kelapa pada trimester terakhir juga dipercaya bisa membuat air ketuban jernih dan bayi memiliki kulit yang halus dan rambut cerah. 

Susu

Susu khusus ibu hamil Prenagen adalah salah satu minuman yang direkomendasikan ketika hamil. Selain susu khusus ibu hamil, susu pasteurisasi dan UHT adalah susu yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil. Dua jenis susu ini sudah diproses dengan suhu tinggi untuk mematikan bakteri atau enzim yang tidak baik tanpa mengurangi kandungan gizinya.

Susu adalah minuman yang tinggi kalsium dan Vitamin D yang berguna untuk perkembangan janin dan kesehatan ibu hamil. Ada banyak jenis susu yang bisa dikonsumsi seperti susu skim atau tanpa lemak, susu full cream, dan sebagainya. 

Selain susu hewani, ibu hamil juga bisa mengkonsumsi susu nabati yang berasal dari kacang-kacangan seperti susu almond atau susu kedelai. Susu nabati ini juga mengandung nutrisi yang sama baik dengan susu hewani namun dengan kandungan lemak yang lebih sehat. 

Jus atau smoothies

Jus atau smoothies bisa menjadi alternatif minuman sehat ketika hamil. Anda bisa menggunakan buah dan sayuran apa saja untuk dijadikan jus atau smoothies. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah sebaiknya hanya konsumsi jus atau smoothies yang dibuat sendiri di rumah.

Hindari jus atau smoothies yang dijual siap minum dalam kemasan. Meskipun praktis, jus siap minum mengandung pengawet dan pewarna buatan serta gula yang tinggi. Oleh karena itu jus dan smoothies sebaiknya dibuat sendiri dari buah dan sayuran segar agar nutrisinya tetap terjaga. 

Air jahe

Banyak orang yang takut mengkonsumsi air jahe ketika sedang hamil karena takut dengan rasa pedas dan panas. Padahal jahe mempunyai banyak manfaat untuk ibu hamil seperti menurunkan tekanan darah, meredakan maag, melancarkan pencernaan, dan meredakan perut kembung.

Selain itu, minum air jahe juga membantu meredakan gejala morning sickness pada ibu hamil. Ada banyak cara untuk membuat air jahe seperti diparut atau cukup digeprek dan direbus dengan air. Bila suka anda bisa menambahkan madu, gula, atau pemanis alami untuk penambah rasa. 

Perkembangan dan kesehatan janin sangat tergantung dengan apa yang dikonsumsi oleh ibu. Semakin baik makanan atau minuman yang dikonsumsi ibu hamil, maka semakin baik pula nutrisi yang didapatkan oleh janin. Meskipun ada banyak makanan atau minuman yang sebaiknya dihindari, namun tidak sedikit yang direkomendasikan karena mengandung nutrisi yang baik. 

Kategori: Kesehatan