Hamil tidak, ya? Sebagian perempuan sering bertanya-tanya karena tidak mengetahui tanda-tandanya. Padahal, pada dasarnya kita dapat dengan mudah mengenali tanda awal kehamilan. Karena, sebenarnya ada beberapa tanda kehamilan yang mudah diprediksi.

Ingin tahu apa saja tanda-tanda tersebut? Yuk, langsung intip berikut ini.

tanda awal kehamilan
Tanda awal kehamilan

1.  Vagina Mengeluarkan Cairan Putih

Beberapa wanita akan mengalami keluarnya cairan putih dari vagina. Bentuknya seperti sues. Hal ini disebabkan karena semakin menebalnya dinding vagina. Kondisi tersebut umumnya terjadi setelah pembuahan. Setelah itu, pertumbuhan sel di dalam vagina pun menyebabkan keluarnya cairan tersebut.

2.  Tubuh Cepat Lelah

Ada banyak faktor kenapa tubuh mudah lelah. Salah satunya bisa menjadi tanda-tanda kehamilan. Hal tersebut juga berkaitan dengan tingginya hormon progesterone, rendahnya tekanan darah, kekurangan darah, dan rendahnya gula.

3.  Penciuman Menjadi Lebih Sensitif

Ibu hamil umumnya akan merasakan adanya peningkatan sensitivitas pada indera penciuman. Jika Anda sedang dalam program kehamilan, bisa jadi kondisi tersebut adalah salah satu tanda-tanda kehamilan.

4.  Terlambat Menstruasi

Ini merupakan tanda umum seorang perempuan sedang hamil. Namun, sebagai informasi tambahan, telat menstruasi tidak selamanya sebagai tanda kehamilan. Bisa juga karena berat badan yang naik turun secara cepat. Untuk lebih jelasnya, silahkan Anda cek kehamilan terlebih dahulu.

5.  Sembelit

Pada masa kehamilan, hormone progesteron akan meningkat. Hal tersebut dapat menyebabkan makanan menjadi lambat melalui usus. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa minum air putih yang banyak, mengonsumsi makanan berserat, dan berolahraga.

6. Mood Naik Turun

Pada masa kehamilan, umumnya wanita akan mengalami suasana hati yang berubah-ubah. Hal ini disebabkan terjadinya perubahan hormon pada ibu hamil. Segera cek jika Anda mengalaminya.

7.  Sakit Punggung dan Kepala

Sebagian dari ibu hamil juga sering mengalami sakit di bagian punggung dan kepala. Tingkat sakitnya ada yang biasa saja, ada juga yang luar biasa atau kronis. Jika kondisi ini disebabkan oleh kehamilan, maka minumlah obat yang aman. Pastikan Anda mendapatkan resep dokter untuk obat tersebut.

8.  Ngidam dan Mual

Nah, tanda yang satu ini, adalah ciri yang paling populer. Ibu hamil umumnya akan ngidam dan merasakan mual. Hal ini disebabkan karena hormone ibu hamil yang lambat mengosongkan perutnya. Itulah yang menyebabkannya mual.

Selain itu, ibu hamil juga sering mengidamkan beberapa makanan tertentu. Hal ini dikarenakan terjadinya perubahan hormon di dalam tubuh.

9.  Suhu Tubuh Meningkat

Pada masa ovulasi hingga 2 minggu, suhu tubuh ibu hamil biasanya terjadi peningkatan. Kondisi ini juga biasanya terjadi sesudah menstruasi. Jika pada masa program kehamilan mengalaminya selama 2 minggu, kemungkinan Anda sedang hamil. Atau, bisa juga hanya demam biasa.

10.  Hasil Tes Positif

Untuk memastikannya, Anda bisa tes sendiri menggunakan alat yang akurat. Beli alat tes kehamilan yang sudah dijual secara umum. Silahkan cek, jika positif, maka kemungkinan besar Anda hamil. Untuk memastikan, bisa langsung mengunjungi dokter kandungan.

Kesimpulan

Dewasa ini, tidak sulit untuk mengetahui tanda-tanda kehamilan. Hal tersebut berkat kemajuan teknologi dan juga ilmu pengetahuan. Ibu hamil bisa mengetahui tanda-tandanya melalui cara sederhana di atas.

Untuk hasil yang lebih akurat, bisa langsung menggunakan alat tes kehamilan, atau ke dokter kandungan. Dengan begitu, Anda bisa memastikan secara pasti kehamilan, dan usia bayi di dalam kandungan.

Demikian informasi seputar tanda awal kehamilan. Ketahui tanda-tanda di atas, kemudian pastikan menggunakan alat tes kehamilan. Semoga informasi di atas dapat menambah wawasan Anda, khususnya seputar dunia parenting. 

Kategori: Kesehatan