Pendidikan adalah hal yang penting dalam kehidupan setiap orang. Untuk itu, pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan otak anak sangat dibutuhkan. Belajar membaca dan menulis dibutuhkan untuk membantu anak agar memiliki kesiapan yang baik dalam memasuki pendidikan yang lebih lanjut. Dalam masa pertumbuhan si Kecil, Mam bisa mengajak mereka untuk belajar sambil bermain. Permainan yang dapat menstimulus perkembangan otak dapat menjadi media belajar yang baik untuk si Kecil.

Dalam masa pertumbuhan, si Kecil masih dalam proses pengembangan kemampuan berbicara dan bahasa. Dimana perkembangan kemampuan bahasa yang dimiliki si Kecil tersebut berkaitan dengan perkembangan kemampuan membacanya. Pada tahapan ini, Mam perlu untuk  membacakan berbagai cerita atau dongen agar menumbuhkan minat baca si Kecil guna memperluas kosakata yang dimilikinya. Kosakata yang dimiliki tersebut akan membantu si Kecil untuk lebih mengenal huruf. 

Belajar membaca dan menulis
Belajar membaca dan menulis

Pada masa pertumbuhan, anak juga mulai mempelajari keterampilan motorik halus dasar yang dimilikinya untuk belajar menulis. Dimana si Kecil bisa belajar untuk menarik garis, menggambar lingkaran, dan menghubungkan titik-titik.

Dalam melatih anak untuk belajar membaca dan menulis, kemampuan anak perlu untuk dilatih dengan proses mendengarkan terlebih dahulu. Barulah kemudian menuju proses berbicara atas apa yang mereka dengar. Di sini Mam bisa mengenalkan si Kecil lebih banyak kosa kata dengan menceritakan dongeng, menggambar, bernyanyi, atau melakukan permainan yang edukatif.

Perlu untuk dicatat dan diingat, bahwa proses belajar si Kecil pada masa pertumbuhannya jangan sampai membuatnya terbebani. Gunakanlah cara-cara yang asyik dan menarik yang disertai dengan sebuah permainan untuk belajar membaca dan menulis si Kecil. Kemampuan motorik halus si Kecil semakin meningkat pada setiap masa pertumbuhannya.

Mam bisa mengawalinya dengan bagaimana cara memegang pensil dan mencoretkannya di atas kertas. Berikan si Kecil pensil warna-warni agar dia lebih tertarik untuk mulai mencorat-coret bentuk gambar di atas kertas sebagai awal belajarnya menulis.  

Tumbuh kembang anak berbeda di setiap fase pertumbuhan. Untuk memastikan si Kecil tumbuh dengan optimal, diperlukan nutrisi dan stimulasi yang tepat. Stimulasi sebaiknya diberikan sesuai dengan usia dan rutin, sedangkan nutrisi bisa diberikan dalam bentuk makanan bergizi dan dilengkapi dengan susu pertumbuhan untuk anak usia di atas 1 tahun.

Wyeth Nutrition hadir dengan produk varian susu S-26 GOLD, yaitu S-26 Procal GOLD (Susu Pertumbuhan untuk anak 1-3 tahun) dan S-26 Promise GOLD (susu bubuk untuk anak 3 tahun ke atas) untuk mendukung kebutuhan nutrisi si Kecil. S-26 Procal GOLD dan S-26 Promise GOLD dengan formula MULTIEXCELTM membantu Mam mendukung potensi si Kecil dan kemampuan belajarnya yang progesif agar dari Belajar jadi Hebat.

Kategori: Kesehatan