Memahami Setiap Fase Tumbuh Kembang pada Anak

Berbagai macam faktor dapat menjadi sebuah hal yang sangat berpengaruh terhadap kelangsungan bagi anak dalam fase pertumbuhannya. Hal ini harus benar-benar diperhatikan dengan baik oleh para orang tua. Hasil dari berbagai macam hal yang diberikan akan turut berpengaruh terhadap kelangsungan pertumbuhan pada anak.

Oleh karena itu Bunda harus dapat memahami dan mengenali setiap fase tumbuh kembang pada anak serta apa saja yang menjadi ciri bahwa anak telah tumbuh seperti seharusnya. Oleh karena itu perbanyak membaca referensi dari berbagai macam sumber untuk dapat diaplikasikan pada anak. 

Orang tua harus dapat menjadi sebuah pendukung yang baik di fase awal pertumbuhan. Hal ini dikarenakan banyak sekali aspek-aspek yang harus dipenuhi dan diperhatikan dari setiap pertumbuhannya. Ketika semuanya dipahami oleh orang tua, tentu nantinya anak akan tumbuh seperti apa yang telah diharapkan oleh orang tua. Simak beberapa informasi berikut ini mengenai apa saja aspek yang harus diperhatikan pada setiap fase pertumbuhan pada anak. 

tumbuh kembang
tumbuh kembang

Pahami perbedaan antara pertumbuhan dan perkembangan

Perbedaan mengenai pertumbuhan dan perkembangan perlu diketahui karena kedua hal ini merupakan dua hal yang berbeda. Pertumbuhan ialah sebuah proses yang mengacu pada pertumbuhan pada fisik, baik dalam hal penambahan pada tinggi dan berat pada anak. Sedangkan untuk perkembangan mengacu pada bagaimana Si Kecil dapat menjalankan berbagai macam fungsi tubuhnya dengan baik dan sempurna. Kedua hal ini menjadi dasar bagaimana hasil dan kualitas pertumbuhan pada anak dari waktu ke waktu. 

Pahami aspek-aspek penting pada tumbuh kembang anak

Kedua, yang harus dipahami adalah dengan mencari informasi mengenai aspek-aspek yang berhubungan dengan pertumbuhan dan perkembangan. Untuk pertumbuhan lebih jelas terlihat dalam hal perubahan yang terjadi pada fisik. Sedangkan perkembangan harus mengacu pada aspek seperti kemampuan kognitifnya, emosional, sosial dan sebagainya. Memahami hal-hal tersebut dapat menjadi sebuah cara untuk memaksimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak ke arah yang baik. 

Beda fase pertumbuhan, beda pula perlakuannya

Selanjutnya adalah bagaimana memperlakukan anak sesuai dengan usianya. Hal ini dikarenakan setiap tahapan usia dan fase pertumbuhannya akan berbeda. Bunda harus dapat menyesuaikannya dengan baik. Bunda juga dapat memberikannya susu pertumbuhan yang sesuai dengan fase pertumbuhannya. Dancow Gum sebagai susu anak 1 tahun ke atas juga dapat menjadi rekomendasi yang tepat.