Sembelit atau susah BAB merupakan salah satu gangguan pencernaan yang banyak dialami orang-orang termasuk anak-anak. Sembelit bisa memberikan dampak yang besar pada kegiatan sehari anak karena menimbulkan rasa cemas saat buang air besar, sakit perut dan turunnya nafsu makan.

Normalnya anak-anak balita BAB tiga kali dalam seminggu. Jika anak BAB tiga hari sekali atau bahkan seminggu sekali, itu artinya anak mengalami konstipasi atau sembelit. Penyebab anak sembelit yang paling sering adalah gaya hidup. 

penyebab anak sembelit
penyebab anak sembelit

Anak yang mengalami sembelit umumnya memiliki gejala berupa jarang buang air besar atau feses yang keras dan kering. Tanda atau gejala anak sembelit lainnya termasuk nyeri saat BAB, sakit perut, tidak merasa lapar, perut kembung dan jejak feses cair atau pucat.

Ketika anak merasakan sakit saat BAB, Moms mungkin memperhatikan anak menyilangkan kakinya atau memelintir tubuh ketika mencoba menahan sakit saat BAB. Ada banyak alasan mengapa anak mengalami sembelit. Beberapa penyebab anak sembelit yang umum terkait gaya hidup di antaranya:

1. Makanan

Si Kecil yang terlalu banyak makan makanan yang tinggi lemak dan rendah serat dapat mengalami sembelit. Seperti makanan cepat saji, camilan nirnutrisi, dan minuman ringan lainnya. Si Kecil juga bisa sembelit dikarenakan tidak minum cukup air atau cairan lain.

2. Kurang olahraga

Olahraga bermanfaat untuk membantu mencerna makanan dan juga baik untuk kesehatan organ tubuh lainnya. Karena terlalu banyak bermain game atau menonton TV terkadang si Kecil menjadi kurang olahraga sehingga menjadi penyebab anak sembelit.

3. Masalah emosional

Masalah emosional seperti pembelajaran menggunakan toilet pada anak dapat membuat anak menahan diri untuk BAB. Ini juga bisa dikarenakan anak memiliki trauma saat hendak menggunakan toilet. Apakah itu karena saat disekolah atau di toilet umum yang jorok, berbau atau gelap. Hal ini menyebabkan feses semakin keras dan sulit dikeluarkan akhirnya anak mengalami sembelit.

Nah itu tadi Moms, gejala dan penyebab sembelit pada anak. Supaya anak tidak sembelit, Moms dapat mencegah penyebab sembelit dengan beberapa cara seperti membiasakan anak menggunakan toilet untuk BAB, memberi si Kecil makanan yang tinggi serat, rutin mengajak anak berolahraga, dan mencukupi kebutuhan cairan si Kecil salah satunya dengan susu.

LACTOGROW adalah susu pertumbuhan dengan Happynutri yang siap dukung si Kecil Grow Happy. Dukung Si Kecil untuk Grow Happy dengan LACTOGROW yang kini hadir dengan Formula Baru. LACTOGROW kini dilengkapi dengan 0 gram Sukrosa dan berbagai Serat Pangan (Inulin) yang baik untuk pencernaan Si Kecil.

Kategori: Kesehatan