6 Kandungan Wajib Ada Pada Susu Anak Yang Bagus

Banyak Bunda yang bertanya, “Mengapa anak usia 1-3 tahun perlu susu pertumbuhan?”. Susu berguna sebagai pendamping untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak. Tak jarang orangtua memberikan susu anak dengan harapan anaknya menjadi gemuk dan sehat. Padahal, anggapan ini tak sepenuhnya benar. Gemuk tidak berarti sehat ya Bunda.

Untuk mengetahui sehat dan tidaknya anak, maka Bunda bisa menggunakan dua indikator, yakni tinggi dan berat badan. Pastikan Bunda mengukur berat dan tinggi badan anak. Pastikan tinggi dan badannya masuk dalam tinggi dan berat badan ideal anak sesusianya. Bunda bisa membacanya di tabel tinggi dan berat badan anak menurut WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) 

susu anak yang bagus
susu anak yang bagus

Kandungan Dalam Susu Anak Yang Bagus

Pemberian susu boleh dilakukan selama tidak berlebihan ya Bunda. Bunda harus cerdas dan cermat memilih susu anak yang bagus. Susu anak yang bagus didalamnya memiliki kandungan :

Protein

Protein berguna untuk meningkatkan masa otot. Dengan masa otot yang eningkat, maka berat badan anak bisa naik perlahan. Bunda juga bisa menambahkan makanan berprotein tinggi sebagai sumber protein lainnya selain susu, diantaranya telur ayam.

Omega 6

Omega 6 menjadi salah satu bahan wajib ada didalam susu anak yang bagus. Omega 6 sendiri berkaitan erat dengan pembentukan membran sel dan bagian lain yang berkaitan dengan peredaran darah. 

Memiliki nama lain Asam Linoleat, Omega 6 tidak bisa terbentuk begitu saja didalam tubuh, namun ia memerlukan asupan tambahan yang berasal dari makanan. Omega 3 baik untuk membantu proses pembentukan otot tubuh. Omega 6 juga sangat baik untuk membantu tumbuh kembang otak, terutama bagi anak-anak. 

Kalsium dan Vitamin D

Sebagai salah satu mineral penyusun tulang, kalsium juga berguna untuk mempertahankan kepadatan tulang. Namun, kalsium dapat bekerja optimal saat tubuh mendapat asupan vitamin D yang cukup. Dengan vitamin D yang cukup, maka kaslium dan mineral akan terserap sempurna. Inilah yang membuat vitamin D dan kalsium sangat penting untuk tubuh.

Melihat kandungan yang dibutuhkan dalam susu anak yang bagus, nampaknya Bunda harus benar-benar selektif dalam memilih. Bunda bisa memilih susu Dancow yang memiliki kandungan lengkap untuk membantu tumbuh kembang si kecil.