Aktivitas bermain merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting dalam pembentukan karakter hingga pertumbuhan yang baik dan sehat. Membiasakan untuk melakukan beberapa macam permainan yang tepat akan membantu bunda untuk memiliki anak dengan pertumbuhan yang baik dan kecerdasan yang tinggi.

Dari beberapa macam jenis permainan yang bisa dilakukan oleh anak-anak, permainan sensori atau sensory play merupakan salah satu jenis permainan yang sangat tepat. Anak-anak pada dasarnya dilahirkan dengan rasa ingin tahu yang cukup tinggi terhadap lingkungan yang ada di sekitarnya dengan memanfaatkan Indera maupun sensor yang ada di dalam tubuhnya.

Dengan adanya rasa ingin tahu yang cukup tinggi maka Iya akan mempelajari dan memahami dunia sekitar melalui cara memegang, merasa, lihat maupun mendengar. Sensory play merupakan salah satu permainan yang bisa menstimulasi kelima panca indra anak sehingga mereka mampu mengenali lingkungan sekitar dengan baik dan tepat. Berikut ini ada beberapa macam manfaat permainan sensori yang berkaitan dengan pertumbuhan sekecil diantaranya adalah Membantu perkembangan kognitif anak-anak.

Menurut salah satu ahli psikologi anak, stimulasi dan pengalaman akan dibutuhkan untuk mendukung perkembangan kognitif setiap anak-anak. Melalui permainan sensori anak-anak akan lebih mudah mendapatkan informasi baru kemudian akan disimpan di dalam memorinya untuk digunakan di kemudian hari ketika ia melakukan permainan sensori stimulasi yang ia terima akan membantu membentuk jaringan yang akan menghubungkan langsung ke dalam sel-sel otak mereka.

Manfaat lainnya dari sensory play adalah membantu anak untuk belajar lebih fokus. Permainan sensori akan membangun koneksi yang sangat baik selama bermain dan belajar. Salah satu contohnya ketika anak kita bermain sensori belajar memilih suara yang mengganggu dan tetap fokus terhadap aktivitas bermain yang ia lakukan.

Beberapa macam jenis permainan sensori yang bisa dilakukan oleh buah hati kita adalah menyusun puzzle hingga membaca buku. Manfaat lainnya dari permainan sensori adalah mampu Membantu perkembangan motorik kasar dan motorik halus pada anak-anak. Permainan seringkali membantu untuk meningkatkan koordinasi motorik halus dan otot kecil pada anak-anak.

Salah satu contohnya adalah ketika aktivitas meremas, menuang mengambil dan berbagai macam aktivitas sederhana lainnya. Kemampuan motorik halus ini tentunya akan sangat dibutuhkan oleh setiap anak untuk melakukan berbagai macam aktivitas seperti menggunting menulis memasang kancing baju dan berbagai macam aktivitas sehari-hari lainnya.

Kategori: Kesehatan

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *