Gerakan bayi di dalam kandungan adalah hal yang alami terjadi. Bahkan, bayi bergerak adalah salah satu tanda bahwa si kecil sehat-sehat saja. Maka dari itu, kebanyakan orangtua pasti akan merasa senang ketika bayinya yang ada di dalam kandungan bergerak.

Namun sebaliknya, jika tidak ada gerakan sama sekali, mam harus segera mengecek atau memeriksakan diri ke dokter kandungan atau pusat layanan kesehatan terdekat. Maka dari itu, kenalilah kapan bayi bergerak sejak dini.

Usia Kehamilan Berapa Bayi Bisa Bergerak?

Di usia kehamilan yang sudah memasuki 6 hingga 20 minggu, bayi di dalam kandungan biasanya sudah mulai bergerak. Namun ada juga yang baru bergerak mulai dari 16 hingga 18 minggu, aau 18 hingga 20 minggu.

Kenapa waktunya berbeda-beda? Pasalnya beberapa ibu hamil tidak mengenali sensasi gerakannya di awal.

Namun, pada usia kehamilan yang sudah memasuki 20 hingga 26 minggu, gerakan bayi umumnya akan bergerak semakin kuat. Ibu hamil biasanya akan mulai merasakan pukulan, jungkir balik, hingga tendangan.

Bayi bergerak

Gerakannya pun sudah mulai berirama dan juga berkedut. Bahkan bayi juga sudah mulai sering cegukan. Namun, tingkat keaktifan bayi di dalam kandungan biasanya berbeda-beda tergantung dari usia dan juga aktivitasnya masing-masing.

Gerakan bayi di dalam kandungan akan mencapai puncaknya di usia 26 dan 32 minggu. Bayi di dalam kandungan sudah mulai bisa bergulir, mengambil nafas, dan berbagai gerakan-gerakan lainya.

Penuhi Kebutuhan Nutrisi Ibu dan Janin

Jangan lupa juga untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil meskipun masih di dalam kandungan. Karena, apa yang dikonsumsi oleh ibu hamil, juga akan menutrisi si kecil yang masih di dalam kandungan.

Maka dari itu, pilihlah makanan-makanan bernutrisi. Selain itu, hindari berbagai makanan-makanan maupun minuman yang dilarang. Contohnya seperti minuman beralkohol, minuman yang mengandung gula atau soda, hingga merokok.

Dengan memenuhi nutrisi, maka ibu hamil dan juga janin dalam kandungan akan sehat dan proses melahirkan pun sesuai dengan harapan.

Demikian informasi seputar bayi bergerak dan waktu-waktunya. Semoga bisa menambah wawasan Anda, khususnya bagi yang saat ini sedang dalam masa kehamilan, atau sedang dalam program kehamilan.

Kategori: Kesehatan

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *