Sungguh menyedihkan melihat anak Anda menderita karena sakit. Bantu dia merasa lebih baik dengan pengobatan rumahan untuk cara menyembuhkan batuk pada anak berikut ini.

Madu

Penelitian telah menunjukkan bahwa madu dapat membantu untuk meredakan batuk dan membantu  sakit  lebih baik. Madu aman untuk anak usia 1 tahun ke atas, dan anak-anak senang meminumnya karena rasanya yang enak. 

Madu hitam, dapat bekerja paling baik karena mengandung antioksidan yang lebih tinggi. Berikan setengah sendok teh untuk anak-anak usia 1 sampai 5 tahun dan satu sendok teh untuk anak-anak usia 6 sampai 11 tahun. Namun perhatikan hal ini, jangan pernah memberikan madu pada bayi yang berusia di bawah 1 tahun, mereka bisa terserang bakteri botulisme dari bakteri yang ada di dalamnya.

Sup Ayam

Yang satu ini lebih dari sekedar obat tradisional. Penelitian menemukan bahwa sup ayam ini memiliki sifat anti-inflamasi. Suhu hangatnya juga bertindak sebagai alat penguap, membantu melonggarkan lendir di saluran hidung.

Minuman Panas atau Dingin

Cairan hangat atau sangat dingin merupakan obat batuk balita yang sangat baik karena mengencerkan lendir, yang membuatnya lebih mudah untuk batuk. Selain itu, cairan juga dapat menenangkan tenggorokan yang sakit serta menjaga si kecil untuk tetap terhidrasi. Mintalah anak Anda minum air es, jus dingin atau hangat, atau teh tanpa kafein yang dicampur dengan madu sebagai cara menyembuhkan batuk pada anak.

G:\ARTIKEL INDO\SEPTEMBER 2021\SUSAN PROJECT\Ideowork\Ideoworks Agustus 2021 - Nutricia Minggu 3 dan 4\cara menyembuhkan batuk pada anak 2.jpg
cara menyembuhkan batuk pada anak

Camilan yang Menyenangkan

Anak-anak yang memiliki usia 4 tahun ke atas dapat mengisap pelega tenggorokan yang sakit atau batuk, permen keras bebas gula, atau bahkan buah beri beku. Es loli atau es serut adalah pilihan yang bagus untuk anak yang lebih muda yang memiliki masalah dengan tenggorokan gatal yang menjadi penyebab batuk.

Gunakan Humidifier

Simpan pelembab udara atau yang biasa disebut humidifier di kamar anak Anda untuk membantu melonggarkan dada dan hidung tersumbat, yang merupakan obat yang bagus untuk balita batuk di malam hari. Bakteri dan jamur tumbuh dengan cepat, jadi ganti airnya setiap hari dan bersihkan unit secara menyeluruh, mengikuti instruksi dari pabriknya. Pilihan bagus lainnya: Minta anak Anda duduk di kamar mandi beruap atau mandi air hangat.

Berkumur Air Asin

Salah satu obat batuk balita yang paling sederhana melibatkan garam dan air. Cukup campurkan setengah sendok teh garam dengan 8 ons air, lalu minta anak Anda berkumur dengan larutan tersebut. Ini harus meredakan iritasi tenggorokan yang menyebabkan batuk. (Catatan: Ini hanya boleh diberikan kepada balita yang berusia di atas 3 tahun, yang dapat dipercaya untuk mengeluarkan larutan tanpa menelannya.)

Posisikan Penyangga Kepala

Tinggikan kepala balita Anda dengan bantal tambahan di malam hari; ini akan membuka saluran udaranya sehingga lendir dapat mengalir. Sebagai obat rumahan untuk batuk bayi, angkat kepala tempat tidur bayi dengan meletakkan baju atau bantal di bawah kasur. (Tetapi hubungi dokter Anda untuk batuk apa pun jika anak Anda lebih muda dari 4 bulan.)

Larutan Garam

Batuk balita Anda mungkin disebabkan oleh postnasal drip. Kendurkan lendir yang tersumbat dengan beberapa tetes larutan garam, lalu hisap dengan bola penghisap.

Gosok Dada

Jika anak Anda berusia lebih dari 2 tahun, Anda dapat menghilangkan sumbatan dengan menggosok dada, seperti Vicks BabyRub. Produknya yang mengandung lidah buaya, kayu putih, lavender, dan rosemary dapat membantu balita Anda mendapatkan tidur malam yang lebih baik. Sehingga ini dapat menjadi salah satu cara menyembuhkan batuk pada anak yang ampuh.

Kategori: Kesehatan

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *