Memelihara anjing tentunya bukan sekedar memberi makan dan membersihkan kotorannya saja. Namun, harus merawat dan memenuhi kebutuhannya, serta menjaga kesehatannya. Salah satu hal yang sering terjadi pada binatang peliharaan kita adalah terjadinya gatal gatal pada anjing

Gatal-gatal pada anjing tidak melulu disebabkan oleh adanya alergi. Namun, Anda juga perlu waspada pada penyebab lain seperti adanya kutu dan infeksi jamur.

Gatal-gatal memang suatu hal umum yang mungkin terjadi, tetapi Anda harus memperhatikan jika hal itu malah membuatnya terluka akibat terlalu banyak menggaruk. Jika tidak segera diobati hal ini tentu saja bisa membuat peliharaan kita terkena infeksi berkelanjutan.

Penyebab Gatal-Gatal pada Anjing

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai gata-gatal yang terjadi pada anjing Anda, ada baiknya  untuk mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Mengetahui penyebab suatu masalah akan mempermudah Anda untuk mengetahui cara mengatasinya.

Alergi

Seperti halnya manusia, anjing juga bisa alergi pada suatu bahan makanan. Salah satu hal mudah untuk mendeteksi hal ini terjadi pada mereka adalah mereka menggaruk-garuk secara berlebih bagian tubuh mereka.

Beberapa penelitian menyebutkan, alergi bisa terjadi sebelum mereka berusia satu tahun. 

Sayangnya, belum ada alat untuk mengetahui apakah anjing memiliki alergi terhadap makanan atau tidak. Hal yang perlu Anda lakukan untuk mendeteksinya adalah dengan memperhatikan tingkah laku mereka.Jika mereka menggaruk terlalu sering dan secara konstan, bisa jadi ini adalah pertanda mereka terkena alergi.

Jika terdapat hal yang mencurigakan seperti itu, ada baiknya untuk segera membawa mereka ke dokter hewan dan lakukan konsultasi.

Parasit

Parasit memang hal umum menimpa anjing peliharaan kita. Namun, bukan berarti kita harus abai dengan keadaan tersebut. Karena parasit seperti kut, bisa menyebabkan gatal berlebih dan membuat anjing merasa tidak nyaman, gelisah dan melukai dirinya.

Jika parasit sudah terlihat pada peliharaan Anda, agar tidak berlanjut, harus segera dibawa ke dokter untuk diobati. Jangan biarkan parasit ini menyebar semakin banyak dan mengganggu.

Infeksi jamur

Infeksi jamur yang umum terjadi pada anjing adalah ringworm. Infeksi ini disebabkan oleh Microspora sp yang ada pada barang-barang di sekitar kita, termasuk peralatan yang digunakan oleh anjing.

Beberapa ciri yang bisa kita lihat saat anjing terkena jamur adalah sering menggaruk, bulu rontok dan timbulnya ketombe.

Infeksi bakteri

Infeksi bakteri yang kerap menyerang anjing adalah folikulitis dan impetigo. Keduanya menyebabkan gatal-gatal luar biasa pada kulit anjing kita.

Folikulitis disebabkan oleh masuknya bakteri pada folikel rambut, sehingga mengganggu sistem imun anjing dan gangguan kulit.

Sedangkan impetigo terjadi karena kondisi buruk anjing karena sering berada di wilayah yang tidak higienis.

Memiliki hewan peliharaan bukan hanya sekedar kesenangan belaka, tetapi juga harus disertai rasa tanggung jawab. Menjaga agar hewan selalu bersih dan terawat, mengurangi resiko terjadinya gatal gatal pada anjing yang bisa berujung fatal. Semoga bermanfaat.

Kategori: Kesehatan

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *