cara membersihkan luka yang benar

cara membersihkan luka yang benar Luka kulit, termasuk gigitan hewan atau manusia, perlu dibersihkan secara menyeluruh untuk mengurangi risiko infeksi dan jaringan parut serta untuk mempercepat penyembuhan.

Anda mungkin bisa melakukannya sendiri untuk luka ringan. Anda harus menghentikan pendarahan, membersihkan luka, dan mungkin membalut luka.

Panduan ini dapat membantu Anda cara membersihkan luka yang benar:

Cuci tanganmu

Ini membantu menghindari infeksi.

Hentikan pendarahan

Luka dan goresan kecil biasanya berhenti berdarah dengan sendirinya. Jika perlu, berikan tekanan lembut dengan perban atau kain bersih dan angkat luka sampai pendarahan berhenti.

Bersihkan luka. 

Bilas luka dengan air. Menjaga luka di bawah air keran yang mengalir akan mengurangi risiko infeksi. Cuci sekitar luka dengan sabun. Tapi jangan sampai ada sabun di lukanya. Dan jangan gunakan hidrogen peroksida atau yodium, yang dapat menyebabkan iritasi. Bersihkan kotoran atau kotoran dengan pinset yang dibersihkan dengan alkohol. Temui dokter jika Anda tidak dapat menghilangkan semua kotoran.

Oleskan antibiotik atau petroleum jelly

Oleskan lapisan tipis salep antibiotik atau petroleum jelly untuk menjaga permukaan tetap lembab dan membantu mencegah jaringan parut. Bahan-bahan tertentu dalam beberapa salep dapat menyebabkan ruam ringan pada beberapa orang. Jika ruam muncul, hentikan penggunaan salep.

Tutupi luka

Oleskan perban, kain kasa yang digulung atau kain kasa yang dipegang dengan pita kertas. Menutupi luka membuatnya tetap bersih. Jika cedera hanya goresan kecil atau goresan, biarkan terbuka.

cara membersihkan luka yang benar Luka kulit

Ganti balutannya

Lakukan ini setidaknya sekali sehari atau setiap kali perban menjadi basah atau kotor.

Dapatkan suntikan tetanus. 

Dapatkan suntikan tetanus jika Anda belum pernah melakukannya dalam lima tahun terakhir dan lukanya dalam atau kotor.

Perhatikan tanda-tanda infeksi. 

Temui dokter jika Anda melihat tanda-tanda infeksi pada kulit atau di dekat luka, seperti kemerahan, rasa sakit yang meningkat, drainase, kehangatan atau pembengkakan.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.