1032297780x390

Pada artikel sebelumnya saya telah menjelaskan bahwa radikal bebas itu sangat berbahaya karena dapat merusak molekul yang ada disekitar molekul elektron radikal bebas. Radikal bebas dapat memicu munculnya berbagai penyakit kronis yang berbahaya dan dapat merusak jaringan-jaringan pada tubuh lainnya.

Seperti yang dijelaskan pada artikel sebelumnya bahwa radikal bebas memang sangat dekat dengan kita dan tanpa disadari kita sering bersentuhan dengan radikal bebas tersebut. Pada artikel ini saya tidak akan membahas dulu cara pencegahan dari efek buruk radikal bebas. Insya Allah saya akan menjelaskan tips pencegahan pada artikel berikutnya.

Sekarang marilah kita bahas mengenai dampak dari radikal bebas yang dapat merusak sistem pada tubuh kita.

  • Radikal Bebas Dapat Menyebabkan Munculnya Penyakit Kronis

Yang sangat berbahaya dari radikal bebas yaitu bisa memicu timbulnya penyakit kronis pada tubuh kita. penyakit kronis tersebut diantaranya seperti kanker, serangan jantung,  katarak dan bisa membuat menurunnya fungsi daripada ginjal. Penyakit-penyakit tersebut memang tidak terjadi dengan cepat akan tetapi jika kita terbiasa bersentuhan dengan radikal bebas tersebut dalam jangka panjang penyakit kronis tersebut akan menjadi nyata.

  • Radikal Bebas Bisa Menyebabkan Kerusakan pada DNA

Kerusakan DNA pada manusia yang disebabkan oleh Radikal Bebas ini berawal dari radikal bebas yang mengambil molekul elektron dari sel tubuh yang ada pada manusia sehingga susunan struktur DNA mengalami perubahan mengakibatkan terjadinya mutasi DNA. Jika perubahan pada struktu DNA ini terjadi dalam jangka panjang dan selam bertahun-tahun maka akan menyebabkan munculnya penyakit berbahaya seperti Kanker.

  • Kerusakan jaringan pada tubuh

Semua sel jaringan pada tubuh kita sebenarnya mampu untuk menangkal radikal bebas yang menyerang sel-sel jaringan tubuh tersebut. Karena, didalam jaringan tersebut terdapat enzim khusus yang mampu menangkal serangan radikal bebas tersebut. Tetapi, seiring bertambahnya Usia, manusia akan mengalami degradasi dan penurunan kemampuan menangkal radikal bebas ini. Sehingga ketika usia kita sudah pada fase degradasi, perlawanan tubuh kita terhadap radikel bebas ini menjadi berkurang dan tidak maksimal. Sehingga perlahan-lahan radikal bebas akan mampu merusak jaringan tubuh kita.

 

 

Artikel ini di cari dengan Kata Kunci:

Kategori: Kesehatan