Mengetahui Usia Kehamilan Berdasarkan Minggu Dengan Cara Manual

Secara umum usia kehamilan berkisar selama 40 minggu atau 280 hari. Para medis lebih sering menghitung usia kehamilan dalam minggu dibandingkan dnegan bulan, hal tersebut dikarenaka usia kehamilan berdasarkan hitungan minggi lebih akurat dan sesuai dengan perkembangan bayi di dalam rahim. Mengetahui usia kehamilan sangatlah penting bagi anda yang kini sedang mengandung, dengan mengehatuhui usia kehamilan anda bisa menjaga kehamilan dengan lebih sesuai dan juga lebih baik lagi, selain itu menegtahui usia kehamilan anda bisa lebih mengetahui kapan perkiraan anda akan melahirkan sehingga anda bisa lebih mempersiapkan diri dalam menghadapi proses persalinan baik itu persiapan dari segi fisik dan juga mental. Cara menghitung usia kehamilan dalam minggu bisa anda lakukan sendiri dengan cara menghitungnya secara manual.

Dalam menghitung usia kehamilan berdasarkan hitungan secara manual tentunya anda harus mengetahui siklus haid terakhir anda dengan begitu anda akan dapat menghitungnya. Penggunaan hitungan berdasarkan kalenderyang kemudian dihitung secara manual memang tidak terlepas dari HPHT atau hari pertama haid terakhir, dengan begitu anda akan bisa menghitungnya. Hitungan yang dilakukan selanjutnya menggunakan rumus naegele rumusnya yaitu HPHTdikurangi 7, bulan dikurangi 3, dan tahun ditambah satu.

Misalnya jika hari pertama haid terakhir atau HPHT anda pada tangga 21 agustus 2016 maka cara menghitung usia kehamilan dalam minggu yaitu: 21-7 = 14 (tanggal), 8 – 3 = 5 (bulan), 16 + 1 = 17, maka perkiraan anda akan melahirkan yaitu tanggal 14 mei 2017. Namun jika HPHT bulannya tidak bisa dikurangi 3, maka rumusnya diganti yaitu ditambah 9 sedangkan tahunnya tidak ditambah. Misalnya saja jika HPHT anda pada tangga 11 januari 2017 maka hitungannya yaitu 11-7 = 4 (tanggal), 1 + 9 =10 (bulan) dan tahun 17. Maka HPL nya yaitu tanggal 4 oktober 2017. Mudah sekali bukan.

Cara menghitung berdasarkan hitungan kalender tersebut memang tidak 100% benar namun setidaknya anda mendapatkan perkiraan kapan sekiranya anda akan melahirkan.

 

Artikel ini di cari dengan Kata Kunci:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *