Anak-anak yang yang enggan mengkonsumsi makanan yang telah disiapkan menjadi salah satu permasalahan yang sering dihadapi oleh semua orang tua. Gerakan tutup mulut pada bayi umumnya dialami ketika anak-anak sudah mengkonsumsi makanan dengan tekstur yang lebih pada. Apabila kebiasaan tersebut terus berlangsung setiap harinya orang tua tidak perlu khawatir akan tetapi apabila terus-menerus terjadi Ibu perlu mencari cara untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Anak-anak yang memiliki nafsu makan kurang yang selalu melakukan gerakan tutup mulut akan mengalami masalah malnutrisi atau kekurangan gizi. Untuk mengatasi masalah tersebut Ibu perlu mengetahui penyebab mengapa seorang anak selalu melakukan gerakan tutup mulut saat makan.

Penyebab pertama Gerakan tutup mulut pada bayi adalah kebosanan. Rasa bosan dengan menu makanan itu-itu saja bisa menjadi penyebab mengapa mereka enggan untuk mengkonsumsi makanan yang telah disajikan. Untuk mengatasinya Ibu perlu menyiapkan menu makanan yang lebih bervariatif yang mampu menggugah selera mereka. Ada berbagai macam referensi yang bisa ibu hamil ketika akan menyiapkan menu makanan yang sehat dan bergizi untuk anak-anak. Menu makanan yang bervariasi tentu akan menggugah selera mereka untuk menyantap makanan yang telah disiapkan.

Gerakan tutup mulut pada bayi

Penyebab lainnya Mengapa seorang anak menjadi sulit makan adalah karena sudah mulai memilih makanan yang akan diberikan. Anak yang picky eater atau memilih makanan hanya mau makan satu jenis makanan saja dan enggan menyantap makanan lainnya. Ibu perlu memberikan makanan dengan nutrisi yang lengkap dan seimbang agar anak-anak menjadi tidak picky eater atau memilih-milih makanan yang akan dimakan.

Faktor lain yang menyebabkan seorang anak mengalami kesulitan saat makan adalah kebiasaan orang tua. Kebiasaan makan orang tua akan berpengaruh besar terhadap pola makan anak-anak. Anak-anakan mencontoh orang tua mereka dalam berbagai macam hal termasuk saat makan. Pastikan Ibu memiliki jam makan yang baik serta menu makanan yang sehat agar mampu ditiru oleh anak-anak.

Untuk mengatasi masalah Gerakan tutup mulut pada bayi Ibu bisa menciptakan suasana yang nyaman saat jam makan tiba menciptakan suasana yang nyaman bisa dilakukan dengan cara yang sangat mudah yaitu bisa dengan mengajak mereka jalan-jalan sambil makan. Bagi anak-anak yang berusia 1 tahun kebawah Ibu bisa mengajak mereka berkeliling Kompleks saat makan dengan tujuan untuk menciptakan suasana makan yang lebih nyaman. Perhatian yang teralihkan akan lebih mudah bagi si kecil untuk menyantap makanan yang diberikan oleh ibu.

Kategori: Kesehatan

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *